Analisis Aplikasi INSTAGRAM dengan menggunakan Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design

Nama : Bela Sukma Marhendri Dati
NIM : 18.01.53.2004

Prinsip - Prinsip Desain Antarmuka :

1.Strive for consistency
Instagram telah mendesain halaman antarmuka yang konsisten menggunakan pola desain yang sama dan urutan tindakan yang sama pada seluruh aplikasi. Menu pada aplikasi ini diletakkan pada bottom screen agar lebih terlihat oleh user dan lebih mudah dioperasikan. Bisa dilihat juga dalam penggunaan warna tipografi dan menu yang konsisten pada setiap halaman yang berbeda-beda. Dan juga kombinasi warna yang cocok yaitu hitam putih maka akan memperjelas konten aplikasi.



2. Enable frequent user to use shortcurts
Instagram menyediakan ikon jalan pintas yaitu icon plus. Icon ini memudahkan user untuk mengupload gambar atau video yang akan tampil di profil. Dengan icon plus ini user akan lebih cepat dan tidak bingung saat akan mengupload gambar atau video.



3. Offer informative feedback.
Selalu memberikan feedback yang infromatif untuk user. Feedback tidak harus selalu dengan jawaban dari aplikasi ke user, tetapi dapat juga berupa perubahan tampilan setiap user melakukan interaksi, dengan tujuan agar user paham bahwa perintah yang dia kirmkan ke website sudah direspon.



4. Design dialogue to yield closure
Poin ini termasuk dari bagian poin informative feedback, tujuan dari poin ini adalah menyampaikan bahwa proses yang sedang dijalankan oleh pengguna sudah selesai, sehingga user paham bahwa tahapan yang sudah dilakukan merupakan tahapan terakhir dan tidak perlu menunggu dan bertanya-tanya apakah masih ada tahapan lain setelah menyelesaikan proses. Contoh seperti saat mengupload gambar atau video saat selesai maka tidak akan ada tahapan selanjutnya dan langsung akan ke beranda.

5. Offer simple error handling.
Maksud dari Poin ini adalah untuk memastikan agar user tidak melakukan kesalahan ketika menjalankan proses. Hal ini sangat diperlukan agar user tidak merasa bingung dalam mencoba menggunakan fitur android dikarenakan tidak bisa menemukan action / format yang sesuai ketika mereka ingin mencoba suatu fungsi. Prevent errors biasanya berbentuk petunjuk atau arahan pengisian formulir yang sesuai dengan format, tujuannya agar user dapat mengisi formulir dengan cara yang tepat dan menghindari error. Di instagram bisa kita lihat di halaman Edit profil. Di halaman tersebut terdapat handling error jika kolom ada yang tidak diisi. Ini sangat informatif dan sangat dianjurkan jika ada data yang penting tapi tidak diisi.

6. Permit easy reversal of actions.
Poin ini merupakan salah satu poin yang cukup penting dan focus dari poin ini sendiri adalah mempermudah user untuk kembali ke halaman sebelumnya atau untuk membatalkan action, tombol back dan option cancel menjadi solusi untuk poin ini, sediakan tombol back disetiap page dan juga option cancel disetiap form yang disediakan di aplikasi android. Karena di beranda atau home page menggunakan bottom navigation, Tombol back atau cancel tidak akan terlihat, tapi saat kita ke halaman profil dan akan mengedit profil terdapat tombol checklist dan cancel. Tombol cancel tersebut berguna saat user tidak jadi mengubah profi.nya. Bisa juga kita lihat di halaman setelah mengklik menu plus, di toolbar terdapat tombl cancel, sama halnya tombol cancel di edit profil, tombol cancel di halaman ini juga untuk membatalkan upload foto atau video.




7. Support internal locus of control.
Poin ini menjadi hal yang sangat disukai oleh user, karena sebagian besar user ingin diberi kebebasan untuk mengatur tampilan sendiri sesuai preferensi dari user itu sendiri. Hal semacam ini dapat meningkatkan good experience user terhadap apliaksi android. Di instagram belum terdapat fitur ini.
8. Reduce short-term memory load.
Poin ini terfokus pada bagaimana kita mendesain aplikasi android yang tidak terlalu membebani ingatan user ketika menggunakan fitur yang ada di aplikasi andorid kita, untuk menerapkan poin ini kita sebagai developer dituntut untuk membuat desain yang simple sehingga user tidak kesulitan ketika menggunakan fitur yang ada di aplikasi andorid kita. Untuk aplikasi instagram ini saya dapat bilang sangat user friendly bahkan orang yang baru menggunakan aplikasi ini pun pasti bisa mengoperasikannya.

Comments

Popular posts from this blog

Implementasi Database - Tugas TRIGGER (Modul 6)

Tugas IMPLEMENTASI DATABASE Modul 6

REVIEW KOGNISI WEB CORONA